Cari Blog Ini

Sabtu, 24 Maret 2012

Safety Riding "Wajib" Dimanapun


Bro Sekalian..Ahir ahir ini marak sekali kita dengar berita berita kecelakaan di jalan raya ,baik dari media maupun dari teman teman dekat kita sesama Biker.
Kecelakaan itu bervariasi tempat dan keadaan serta jenis kendaraanya.Disini gue membatasi jenis kendaraan yang mengalami kecelakaan dengan tiga faktor situasi Riding.


Sumber Foto Sentra Online

Dari Poling Kecil yang gw coba ajukan  kepada teman teman pecinta sepeda motor (31 Respondent),dengan Tiga faktor riding yang paling berpotensi mendatangkan resiko Kecelakaan,Gw dapati hasil sebagai berikut :

Dari ketiga Faktor Berikut ini,manakah satu di antara tiga yang  berpotensi besar mendatangkan Resiko Kecelakaan(accident) bagi para Rider?

1.Riding Harian.
2.Riding Touring.
3.Riding Race atau Balapan..

Perolehan Pooling Respondent adalah Sbb:

15 Pooling Untuk Riding Harian
9 Pooling Untuk Riding Touring,dan
7 Pooling Untuk Riding Saat Race(Balapan).

Total 31 Suara.
So..pooling tertinggi yang Gw dapat adalah Riding di situasi harian.
Dibawah ini ada tabel jenis kendaraan yang mengalami kecelakaan yang di keluarkan Polda Metro jaya Pada 2011 lalu.
Jika kita lihat tabel tersebut,maka Kendaraan sepeda motor mengambil porsi yang paling besar,hal ini tentu mengundang keprihatinan kita ,para Pengendara sepeda motor pada khususnya.


Melihat kasus tersebut di atas,gw kembali mengingatkan kepada Teman teman semua untuk selalu mengutamakan faktor keselamatan di atas faktor faktor apapun.
Dari diskusi saya dengan beberapa teman,kami mendapati fenomena yang sebenarnya sudah lama terjadi dan masih sering terjadi.
Fenomena itu adalah penyebab kecelakaan yang di sebabkan kelalaian pengendara lain.
Dalam hal ini Gw akan mencoba memberikan point point tambahan safety riding,dengan mengasumsikan kita sudah  mematuhi semua kaidah safety riding.

1.Saat melaju di lampu Hijau Traffict lamp.
  Sebaiknya tetap mengurangi kecepatan kendaraan kita,dan tetap mengontrol situasi sekitar Traffict lamp tersebut.
Fungsinya menghindari pengendara lain yang menerobos lampu merah.

2.Saat melintasi ruas jalan yang jarang putaran baliknya(jaraknya berjauhan),waspadalah pada titik titik kepadatan kendaraan tertentu ,Misal Mobil.
Fungsinya mengontrol dan menghindari jika ada kendaraan yang memutar balik bukan pada tempat yang disediakan.

3.Hindari berbarengan ,jika anda melihat ada pengendara lain yang melaju sangat kencang,dengan prilaku yang tidak wajar (Zig Zag dsb).
Fungsinya menghindari pancingan emosi kita dan menghindari si pengendara tersebut,kemungkinan di bawah pengaruh Minuman keras dsb.

4.Tanpa mendiskreditkan wanita,hindari riding terlalu dekat di belakang pengendara wanita,jika mememungkinkan mendahuluinya lebih baik.
Fungsi menghindari kebiasaan pengendara wanita yang emosinya lebih sensitif secara genetik dibandingkan dengan Pria.Sehingga hal ini berpotensi pengendara wanita lebih gampang shock dsb,apabila melihat atau menemui hal hal tertentu,Rem mendadak,kendaraan oleng dsb.

5.Hindari berkendara terlalu kencang saat berboncengan,
Fungsinya adalah psikologis orang yang di bonceng (boncenger) secara tingkatan (stadium) lebih tinggi dari pada kita yang di depan (rider).hal ini sering sekali menyebabkan ketidak stabilan kendaraan kita ,saat sikologi Boncenger tersebut Naik(biasanya ber efek pada posisi badan Boncenger yang relatif berubah kaku)..maka kendaraan kita menjadi tidak stabil.

Demikianlah sedikit share dari gw.
Semoga Bermanfaat.

Salam RCS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar