Cari Blog Ini

Senin, 26 Desember 2011

Teknik MENEMPEL pada Balapan



Sobat RCS...Diantara sekian banyak teknik balapan,baik itu pada level MotoGp,maupun pada level level lainya,ada salah satu teknik yang sering dilakukan oleh Para Rider yaitu teknik Menempel pembalap lain yang ada di depanya.(Following).


Foto : MotoGp.Com


Hal ini sering kita lihat pada ajang balapan,semisal MotoGp.
Dimana salah satu rider terlihat secara Konstan mengikuti rider lain di depanya,padahal jika kita amati Rider yang menempel tersebut mempunyai kemampuan secara teknik dan power motor untuk menyalip atau overtaking rider di depanya tersebut..Menggemaskan bukan ?..ada apa sebenarnya?...He.he..

Jangan beranggapan yang macem macem dulu bro...semisal..,ah..Cemen banget si A gak berani nyalip..atau..wah si A gak berani Fight tuh..dan lain sebagainya..
Sobat Sekalian...Menempel pembalap lain yang berada di depan kita,adalah salah satu cara atau trik yang sengaja di lakukan oleh banyak pembalap,Beberapa di antaranya ,sebut saja STONER,LORENZO dan tentu saja Valentino Rossi yang sudah banyak kita lihat aksi aksinya meng entertaint kita lewat manuver manuver nya yang luar biasa..


Foto : MotoGp.Com


Tujuan dari teknik Follower ini  adalah Mencari timing yang pas atau bahkan moment yang pas untuk menyalip Rider lain di depan kita. 
Tentunya dengan perhitungan perhitungan yang berbeda dari setiap masing masing pembalap.
Ada yang menguntit untuk jangka yang lama..atau hanya beberapa lap saja ,langsung overtake.

Peristiwa terahir yang sangat mendebarkan adalah saat Stoner menyalip Ben Spies menjelang garis finish pada lap terahir di sirkuit Ricardo Tormo Valencia Kemarin.


Foto :MotoGp.com


Beberapa keuntungan dari teknik Menempel ini adalah diantaranya:

1.Menyimpan sisa power mesin agar konstan sebagai senjata pada saat overtaking tiba saatnya..heheh.

2.Aerodinamika sudah di buka oleh rider di depan kita,sehingga hambatan angin Berkurang.

3.Meskipun kita sudah hafal dengan Raceline ,dengan adanya Rider lain di depan kita,akan membantu memudah kan view dari raceline tersebut.(seumpama Road captain  saat kita Touring lah kira kira..)..:D.

4.Overconfidence dan Underconfidence Rider di depan kita.
    -Keuntungan jika Overconfidence : Rider di depan kita akan mengurangi dorongan motor dan mengurangi fokus race, karna ber anggapan kita sudah Klimaks dengan power motor kita...nah pada saat itu lah kita bisa pakai senjata sisa power mesin yang kita simpan untuk overtaking.

   -Keuntungan jika Underconfidence : Rider di depan kita akan menambah daya dorong motornya untuk menjauhi kita sejauh jauhnya,dengan anggapan kita menjadi ancaman baginya...jika kurang beruntung,rider didepan kita tersebut biasanya Terganggu mentalnya dan berakibat menurunya konsentrasi,serta keseimbangan motor juga akan terganggu...pada saat inilah kita keluar untuk Overtaking...

Bro semua...Apa yang gue tulis di atas tentunya tidak lah mutlak akan menghasilkan kemenangan pada saat race...
Apa yang gue tulis diatas adalah salah satu dari sekian banyak Teknik teknik dalam balapan yang banyak digunakan dalam  kondisi dan pilihan keadaan tertentu..

Semoga bermanfaat

Salam RCS








Sponsored By : RCS Corner.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar