Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juli 2011

Yuk...Berbagi Porsi Jalan Raya...

Hampir setiap hari Brother skalian menikmati perjalanan di Jalan raya dalam kota tentunya.
Perjalanan itu bisa saja karena alasan pekerjaan,pertemuan keluarga,kongkow Bikers dan sebagainya.Padatnya kendaraan yang berjejal di jalan raya adalah pemandangan yang sudah biasa kita saksikan setiap hari.......Ada Bis kota...mobil pribadi...angkot...bajai,,tukang ojek,,gerobak bakso(lawan arah)...xixixix...dan Sepeda motor tentunya..
So...Pertanyaan adalah,bagaimana kita mensiasati untuk saling berbagi porsi antar sesama pengguna jalan raya tersebut,agar masing masing tidak dirugikan?berbagi dalam artian kita saling menghormati hak hak pengguna jalan raya yang lainya...dan masing masing melakukanya dengan penuh kesadaran tentunya..
Bis kota...Ada baiknya joki bis kota Menaikkan dan menurunkan penumpang bukan pada sembarang tempat..mengontrol lampu sein saat belok..serta menyisakan kira kira Satu meter sisi kiri bahu jalan buat pengendara sepeda motor..
Mobil Pribadi..Sudah menjadi wacana umum..bahwa sebagian mobil mobil pribadi hanya di isi 1 sampai 2 orang saja...(ya iyalah....namanya juga mobil pribadi mas..kalo rame sih itu kopaja...hehehe)..Memang bener...sebagian besar orang orang,atau brother juga,,merogoh uang yang cukup besar untuk membeli kenyamanan ber aktivitas dengan mobil pribadi..
Tapi alangkah bijak saat berkendara kita bisa saling berbagi porsi jalan raya dengan pengguna kendaraan lain,,terutama Sepeda motor.Sering sekali kami menemui saudara2 kita yang mengendarai mobil,menghabiskan seluruh porsi bahu jalan...terutama sisi kiri bahu jalan,yang nota bene banyak di huni kendaraan sepeda motor..sehingga sering kali hal ini menimbulkan efect efect berikut ...wwoooii..!!tin tin tin...!! suara knalpot racing yang di betot...werrrr dsb.selain efect kemacetan tentunya...
Sepeda Motor...Nah..kendaraan yang satu ini menurut gw yang paling banyak cuek bebek alias banyak mengabaikan aturan aturan rambu...diantaranya...selap selip di antara mobil membuat orang yang melihatnya berasa...sseerrr... termasuk pengendara mobil yang di selip..wahh..jangan jangan lecet nih mobil gw...wah kalo jatuh pasti gw nih yang di salahin..dsb.hehehe..
Saat berhenti di lampu merah ..Melewati garis putih...bahkan jebra cross....waduuuuhh..benar brother sekalian..pemandangan ini hampir setiap hari dan hampir di setiap lampu merah kita temui..bahkan pernah sekali waktu gw di klakson agar maju lagi melewati garis putih..memang pada saat itu gw tepat berada di belakang garis putih....lohh...kok?? aneh kan? tapi hal ini tidak aneh lagi manakala kita menggunakan kendaraan sepeda motor untuk beraktivitas dalam porsi yang lebih banyak dibanding kendaraan lain...Bahkan kadang kadang kita merasa bersalah jika kita berada di belakang garis putih....masa sih mas..?? lah iyalah lah wong yang melanggar 10,yang patuh 1...hehehe..Brother..dari satu pelanggaran diatas saja (pelanggaran Zebra cross) ada dua komponen pengguna jalan yang di rugikan/terganggu kenyamanan, yaitu pejalan kaki dan pengguna kendaraan lain di jalur Green light...
So..melalui tulisan ini,,gw mengajak semua brothers..Yuk dengan penuh kesadaran kita berbagi porsi jalan raya dengan saudara saudara kita yang lainya...semuanya tentu dimulai dari masing masing pribadi..kita...karana kita semua saudara...kita semua Brotherhoods...

Salam RCS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar